logo alhabsyi travel

Badal Umroh: Pengertian, Syarat dan Tata Caranya

Badal Umroh Pengertian, Syarat dan Tata Caranya

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan rasa kasih sayang terhadap orang terdekat yang sudah meninggal dunia, tak sedikit jamaah menunaikan badal umroh. Ibadah ini memang berupa pelaksanaan umroh untuk menggantikan orang yang telah tiada tersebut. Dalam melaksanakannya, tentu ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Mengenal Badal Umroh

Sebelum mengetahui syaratnya, tentu perlu memahami bagaimana definisinya. Pada dasarnya, badal umroh adalah ibadah umroh untuk menggantikan orang yang telah meninggal dunia.

long banner paket umroh murah 2024 alhabsyi travel 1

Tidak hanya untuk orang yang meninggal, badal umroh juga berupa ibadah untuk menggantikan orang yang sudah uzur. Baik itu karena sakit ataupun usia lanjut (lansia). Akan tetapi, tentu perlu mendapatkan izin dari orang tersebut terlebih dahulu.

Umroh memang termasuk ibadah kepada Allah SWT dengan mendatangi ka’bah yang ada di Mekah. Ibadah ini tidak hanya bisa untuk diri sendiri, melainkan juga diperuntukkan atau menggantikan orang lain.

Syarat Badal Umroh

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa ibadah ini hanya bisa terlaksana apabila sudah memenuhi berbagai syaratnya.

Adapun salah satu syaratnya yaitu orang yang digantikan ibadah umrohnya memang tak mampu secara fisik. Dengan begitu, ibadah ini tak boleh dilaksanakan untuk orang yang kondisinya sehat.

Ibadah ini juga boleh dijalankan untuk orang yang sedang sakit keras. Bahkan kecil kemungkinan bagi orang tersebut untuk sembuh dari penyakitnya.

Selain itu, tak boleh membadalkan orang yang tak mampu dari segi finansial. Hal ini karena umroh harus ditunaikan oleh siapa saja yang mampu secara fisik maupun ekonomi.

Baca juga:   7 Cara Merencanakan Ibadah Umroh dengan Anak-Anak agar Lancar

Syarat lainnya ialah ibadah umat muslim ini hanya berlaku untuk satu orang dalam sekali perjalanan umroh. Wanita pun boleh membadalkan pria, begitu pula sebaliknya.

Tak berhenti di situ saja karena ada syarat bahwa orang yang menunaikannya harus memeluk agama Islam. Orang tersebut juga harus pernah menjalankan umroh bagi dirinya sendiri.

Dalam melaksanakan ibadah ini, orang yang menggantikannya juga harus memiliki niat tulus dan ikhlas. Ia perlu meniatkan ibadah untuk mewakili orang lain.

Ketentuan Badal Umroh

Selain syarat, pahami pula berbagai ketentuan dalam melaksanakan badal umroh. Adapun salah satu ketentuannya yakni orang yang meminta dibadalkan harus menunjuk seseorang sebagai wakilnya secara tertulis dengan formulir resmi.

Jika orang tersebut sudah meninggal dunia, maka hal ini diserahkan kepada pihak keluarga untuk memutuskan siapa wakilnya. Kemudian orang yang meminta dibadalkan akan membayar semua biaya umroh untuk wakilnya.

Wakil yang mendapatkan kepercayaan untuk menunaikan ibadah ini harus memenuhi semua persyaratan yang ada. Selama menunaikan ibadah juga harus melakukan semua rukun dan ketentuan umroh.

Saat sudah selesai menunaikan ibadah tersebut, wakil harus melaporkan pelaksanaan umroh kepada orang yang digantikannya. Apabila orang yang dibadalkan telah meninggal dunia, maka bisa memberikan laporan ke pihak keluarga.

Berapa Biaya Badal Umroh?

Terkait biaya, tentu jadi salah satu hal yang mengundang rasa penasaran sebelum menunaikan badal umroh. Pada dasarnya, biayanya berbeda-beda namun berkisar mulai dari Rp 3 jutaan per orang.

Supaya mendapatkan biaya badal umroh yang terjangkau, pastikan memilih penyedia jasa travel umroh resmi terbaik dan terpercaya. Apabila tepat dalam memilih jasa travel umroh tersebut, tentu akan mendapatkan keuntungan lainnya.

Adapun salah satu keuntungannya yaitu memperoleh sertifikat. Dengan adanya sertifikat setelah menunaikan badal umroh, pasti juga bisa jadi salah satu bukti telah menjalankan ibadah tersebut.

Baca juga:   Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Umroh Bagi Keluarga dan Sahabat

Jasa travel umroh terbaik dan terpercaya juga biasanya memberlakukan syarat dokumen yang mudah. Misalnya saja KTP pendaftar, nama jamaah yang digantikan dan surat keterangan tak mampu secara fisik atau kematian.

Sebelum melakukan ibadah tersebut, pastikan pula memilih jasa travel yang sudah mendapatkan izin resmi dari Kemenag. Hal ini memungkinkan perjalanan umroh jadi lebih aman dan nyaman.

Biaya yang akan jamaah keluarkan nantinya juga berkaitan dengan fasilitas. Dengan kisaran biaya tadi, jamaah akan mendapatkan fasilitas lengkap dan memadai.

Tata Cara Badal Umroh

Bukan hanya biaya dan syarat badal umroh saja yang perlu jamaah ketahui, melainkan juga bagaimana cara melaksanakannya. Adapun tata caranya ialah jamaah harus menunaikan ibadah umroh untuk diri sendiri terlebih dahulu.

Urutannya mulai ihram umroh dari miqot yang jamaah lewati. Apabila sudah menyempurnakan ibadah umroh untuk diri sendiri, baik itu thawaf, sa’i maupun memendekkan rambut, maka keluar ke tan’im atau ja’ronah.

Setelah itu, mulailah ihram umroh untuk menggantikan orang lain. Jangan lupa niat badal umroh untuk orang lain tersebut.

Lalu thawaf dan sa’i. Pastikan juga memendekkan rambut lagi. Dalam hal ini, jamaah tak harus kembali ke miqot untuk ihram badal umroh.

Pahami tata cara ibadah ini dengan baik agar berjalan lancar. Selain lancar, ibadah ini juga mendatangkan pahala. Bahkan pahala ini sebagaimana sedekah atau amalan tambahan di luar rukun maupun wajib umroh.

Manfaat Badal Umroh

Ibadah ini mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan tersendiri. Keuntungannya pun tidak hanya bagi orang yang menunaikannya, namun juga orang yang dibadalkan.

Adapun salah satu manfaatnya yaitu sebagai ikhtiar agar mendapatkan ampunan dosa bagi orang yang sudah meninggal dunia. Dengan menunaikan ibadah ini, harapannya orang tersebut juga mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Baca juga:   10 Panduan Lengkap Persiapan Umroh 2024 Beserta Cara Daftarnya

Pahalanya pun tidak hanya mengalir bagi orang yang dibadalkan, melainkan juga orang yang menunaikannya. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak ragu untuk menunaikan badal umroh.

Tak berhenti di situ saja karena badal umroh juga bisa memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Hal ini berlaku untuk orang yang melaksanakan ibadah tersebut.

Dengan hubungan yang semakin kuat, tentu memberikan kemudahan bagi orang tersebut dalam menjalani kehidupan. Hati dan jiwa yang senantiasa dekat dengan Allah SWT pastinya bisa terhindar dari segala bentuk dosa.

Orang tersebut juga semakin aktif untuk menjalankan ibadah ataupun amalan untuk meraih cinta Allah SWT. Hal ini tidak hanya memberikan keuntungan selama hidup di dunia saja, tetapi juga akhirat kelak.

Badal Umroh Bersama Alhabsyi Travel

Melihat betapa pentingnya badal umroh, tak perlu ragu untuk menjalankannya. Supaya lancar dan berkah, percayakan kepada Alhabsyi Travel.

Alhabsyi Travel menyediakan layanan badal ini dengan syarat dan ketentuan mudah. Selain itu, biayanya juga ekonomis sehingga tak akan menguras isi kantong.

Tak hanya badal umroh, Alhabsyi Travel juga menyediakan layanan umroh dalam beragam paket. Sebut saja promo millenial, super millenial, special millenial, special maulid nabi dan super special *5.

Dengan paket tersebut, Alhabsyi Travel menyediakan fasilitas lengkap dan berkualitas. Mulai dari hotel berbintang, bus full AC, asuransi perjalanan, visa umroh, manasik umroh dan masih banyak lagi.

Bersama Alhabsyi Travel, badal umroh terasa lancar, berkah dan menguntungkan. Soal biaya juga tak lagi jadi kendala. Tunggu apa lagi, segera hubungi customer service Alhabsyi Travel sekarang juga.

long banner paket umroh 20 jutaan alhabsyi travel