logo alhabsyi travel

5+ Keutamaan Umroh dan Manfaatnya untuk Kamu yang Masih Ragu

5+ Keutamaan Umroh dan Manfaatnya Untuk Kamu Yang Masih Ragu

Keutamaan umroh sangatlah melimpah. Ibadah ini memang memiliki keistimewaan tersendiri yang pastinya menguntungkan dan bermanfaat bagi umat muslim yang menjalankannya. Pada dasarnya, umroh adalah kegiatan ibadah di dalam ajaran agama Islam.

Ibadah ini mirip dengan Haji. Dalam melaksanakannya, perlu melakukan beberapa ritual ibadah di Mekah, khususnya di area Masjidil Haram.

long banner paket umroh murah 2024 alhabsyi travel 1

Keutamaan Umroh dan Manfaatnya Bagi Diri Sendiri

Sebagai salah satu ibadah dalam Islam, tentu umroh memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri. Langsung saja, berikut keutamaan lengkap dengan manfaatnya.

Mendapatkan Ketenangan Hati

Salah satu keutamaan dalam menjalankan ibadah ini ialah bisa memperoleh ketenangan hati. Hal ini jelas bermanfaat bagi umat muslim yang menunaikan ibadah tersebut.

Ketika menunaikan ibadah umroh, hati umat muslim memang bisa merasa lebih tenang dan damai. Hal ini bisa menuntut umat muslim untuk menjadi pribadi yang lebih sabar, taat, dan tabah.

Menghilangkan Kefakiran

Keutamaan sekaligus manfaat berikutnya yaitu bisa menghilangkan kefakiran. Karena hal itu, umat muslim bisa terhindar dari kemiskinan atau kekurangan ketika menjalankan ibadah tersebut. Mengetahui hal itu, umat Islam tidak perlu khawatir akan miskin jika menunaikan ibadah umroh.

Memperoleh Pahala Sholat Berlipat Ganda

Umat Islam juga bisa mendapatkan pahala sholat yang berlipat ganda apabila menunaikan ibadah ini. Keutamaan umroh ini tentu saja menguntungkan umat muslim ketika menjalani kehidupan di akhirat kelak.

Menghapus Dosa

Manusia tak bisa luput dari dosa, baik itu sengaja maupun tidak sengaja. Untuk menghapus dosa tersebut, umat muslim bisa menjalankan ibadah umroh.

Baca juga:   Umroh Dulu Atau Haji Dulu? Mana yang Lebih Utama?

Bahkan keutamaan ini memiliki perumpamaan berupa pembakaran dalam menghilangkan karat yang ada di besi, perak, maupun emas. Hal ini memperlihatkan bahwa penghapusan dosa memang benar-benar bisa mengembalikan umat muslim menjadi insan yang suci.

Doanya Akan Diijabah

Umat muslim yang memanjatkan doa di Tanah Suci Mekah, maka akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini karena menunaikan ibadah umroh sama saja telah menjadi tamu Allah SWT sehingga mempunyai keistimewaan tersendiri.

Memperoleh Keberkahan

Menunaikan ibadah umroh juga memungkinkan umat Islam untuk mendapatkan keberkahan. Keutamaan umroh ini berlaku apabila umat muslim menunaikan ibadahnya secara ikhlas dan khusyu’.

Dengan adanya keberkahan, umat muslim bisa mendapatkan penerangan ketika menjalani kehidupan selama di dunia maupun akhirat nanti. Keberkahan ini juga membuat kehidupan yang umat muslim jalani jadi lebih bermakna. Keberkahan hidup memang menjadi keuntungan tersendiri bagi umat muslim.

Sarana Jihad

Tak banyak yang menyadari bahwa ternyata umroh juga memiliki keutamaan berupa sarana jihad. Jihad sendiri adalah ibadah dengan mengorbankan hal besar untuk mendapatkan janji pahala dari Allah SWT. Janji tersebut tidak lain ialah surga.

Mengetahui hal itu, umat muslim bisa menyadari sepenuhnya bahwa jihad tidak harus serta-merta dengan peperangan. Mengingat, kaum perempuan tak boleh ikut perang di masa silam.

Maka dari itu, ibadah umroh ini bisa jadi alternatif bagi perempuan untuk berjihad. Hal ini turut menjadi alasan kenapa ibadah umroh memiliki keistimewaan tersendiri.

Apa Maksud dan Tujuan Umroh?

Setelah mengetahui keutamaan atau fadhilah umroh, pahami pula tujuannya. Pada dasarnya, tujuan umroh ialah menjadi tamu Allah SWT.

Dalam mendatangi Tanah Suci Mekah, sebenarnya umroh ini termasuk Haji kecil. Berbeda dengan Haji, umroh ini tanpa melakukan wukuf di Padang Arafah.

Baca juga:   3 Keutamaan Umroh di Bulan Syawal yang Jarang Diketahui Jamaah

Saat menjadi tamu Allah SWT, umat muslim yang menunaikan ibadah umroh juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Pelaksanaannya pun bisa bersamaan dengan waktu ibadah Haji ataupun di luar waktu tersebut.

Apa Janji Allah Tentang Umroh di Al-Qur’an?

Allah SWT memiliki janji mengenai umroh yang tertuang di kitab suci Al-Qur’an. Adapun salah satu janjinya yaitu bisa mendapatkan ampunan dari segala dosa. Dalam artian, umroh bisa menghapus dosa dan berbuah surga.

Janji berikutnya yaitu Allah SWT senantiasa mengabulkan segala doa umat muslim yang menunaikan ibadah umroh. Karena hal itu, ibadah umroh seringkali jadi momen umat muslim untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT.

Untuk perintah ibadah umroh sendiri tertuang secara jelas di QS Al-Baqarah ayat 196. Dalam surat di kitab suci Al-Qur’an tersebut juga beriringan dengan menyempurnakan ibadah haji, menyembelih kurban, berpuasa, dan membayar fidyah.

Hadist Keutamaan Umroh

Pelaksanaan ibadah umroh yang memiliki banyak keutamaan ini tak hanya terpampang di kitab suci Al-Qur’an, melainkan juga hadist Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Adapun salah satunya yaitu Hadist Riwayat Abu Hurairah.

Di dalam hadist tersebut tertuang secara jelas bahwa jamaah haji maupun umroh itu termasuk wakil Allah SWT yang ada di dunia. Sebagai wakil Allah SWT, jamaah tersebut berdampingan dengan para tentara yang membela agama Allah.

Hadist lainnya yaitu HR Bukhari dan Muslim. Di dalam hadist ini mendapatkan kejelasan bahwa pahala umroh yang terlaksana di bulan suci Ramadhan itu setara dengan ibadah haji.

Karena hal itu, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam begitu mengapresiasi umat muslim yang menunaikan umroh di bulan tersebut. Untuk itu, alangkah baiknya jika meninggalkan ibadah umroh di waktu tersebut.

Baca juga:   9 Manfaat Umroh di Usia Muda, Ini Keuntungannya

Pentingnya Menjalankan Ibadah Umroh

Setelah mencermati keutamaan, manfaat, tujuan, janji Allah SWT, hingga hadist mengenai umroh, tentu terlihat jelas bahwa menjalankan ibadah ini memang penting. Dalam hal ini, ada banyak alasan kenapa menunaikan umroh begitu penting.

Salah satu alasannya ialah bisa mensucikan hati. Mengingat, ibadah umroh bisa membuat dosa-dosa umat muslim terhapus sehingga jiwa maupun hatinya kembali bersih.

Selain mensucikan hati, umroh ini juga termasuk salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Hal ini karena menunaikan umroh ke tanah suci sama saja telah menjadi tamu Allah SWT.

Umat muslim harus selalu mensyukuri segala nikmat dari Allah SWT dengan menaati segala perintah-Nya. Dengan menunaikan ibadah ini, iman dan ketakwaan umat muslim tentu juga bisa meningkat jadi lebih baik.

Melihat betapa pentingnya ibadah umroh, maka tak perlu ragu untuk menjalankannya. Supaya mendapatkan kemudahan dalam menunaikan ibadah ini, tinggal pilih paket umroh yang tersedia di Alhabsyi Travel.

Di travel umroh Alhabsyi, ada berbagai pilihan paket dengan biaya umroh yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Mulai dari Promo Millenial, Super Millenial, Special Millenial, Special Maulid Nabi, sampai dengan Super Special *5.

Tiap paket umroh tersebut menawarkan harga sekaligus fasilitas yang berbeda-beda. Namun tak perlu khawatir karena harganya bersahabat dan fasilitasnya juga lengkap.

Semakin menarik untuk umroh bersama travel Alhabsyi karena persyaratannya mudah. Dengan persyaratan mudah, umat muslim bisa menunaikan ibadah umroh secara lancar dan tak merasa repot sendiri.

Tunggu apa lagi, segera hubungi tim Alhabsyi disini dan memilih paket umrah yang tersedia. Tanpa harus mengeluarkan biaya besar, umat muslim bisa menjalankan ibadah umroh secara khusyu’ dan praktis.

Bersama paket umroh Alhabsyi Travel, kamu bisa mendapatkan keutamaan umroh yang luar biasa. Untuk itu, jangan ragu lagi dalam menjalankan ibadah ini segera.

long banner paket umroh 20 jutaan alhabsyi travel