logo alhabsyi travel

7 Cara Merencanakan Ibadah Umroh dengan Anak-Anak agar Lancar

cara merencanakan ibadah umroh dengan anak

Cara merencanakan ibadah umroh dengan anak-anak harus diperhatikan sejak awal. Dengan memperhatikan perencanaan tersebut, maka ibadah umroh bisa berjalan lancar. Anak-anak juga bisa mendapatkan pengalaman menjalankan ibadah umroh yang mengesankan.

Cara Merencanakan Ibadah Umroh dengan Anak-Anak agar Lancar

Ketika ingin menunaikan ibadah umroh, sebenarnya juga bisa mengajak anak-anak. Supaya pelaksanaan ibadah ini lancar, aman, nyaman, dan mengesankan, jangan lewatkan beberapa cara merencanakannya di bawah ini.

long banner paket umroh murah 2024 alhabsyi travel 1

Prioritaskan Kesehatan

Salah satu cara merencanakannya ialah memprioritaskan kesehatan. Terlebih lagi jika anak-anak memiliki riwayat penyakit tertentu.

Alangkah baiknya jika membawa obat-obatan dari rumah. Begitu pula dengan perlengkapan medisnya. Hal ini bisa saja dibutuhkan ketika perjalanan.

Sebelumnya, pastikan juga melakukan check-up medis atau cek kesehatan. Dengan adanya cek kesehatan, maka bisa mengetahui kondisi fisik maupun mental anak apakah sudah siap untuk umroh atau belum.

Perhatikan Kenyamanan

Selain memprioritaskan kesehatan, pastikan juga memperhatikan kenyamanan. Dalam cara merencanakan ibadah umroh dengan anak-anak ini, jangan sampai lupa untuk memilih sekaligus menyesuaikan pakaian ketika menunaikannya.

Pilihlah pakaian yang nyaman sekaligus sesuai dengan iklim di tanah suci Mekah. Semakin recommended untuk membawa pakaian cadangan. Hal ini tak terkecuali untuk anak-anak karena biasanya lebih rentan dengan kotoran.

Lakukan Simulasi

Ketika merencanakan ibadah umroh bersama anak-anak, jangan lupa untuk melakukan simulasi terlebih dahulu. Dalam hal ini, bisa ajarkan simulasi dari rukun umroh.

Baca juga:   Berapa Uang Saku Untuk Umroh Yang Ideal? Ini Rinciannya!

Dengan adanya simulasi tersebut, anak-anak bisa lebih paham dengan apa yang akan ia lakukan ketika berada di tanah suci Mekah. Pada dasarnya, hal ini juga bisa membantu orang tua selama menjalankan ibadah umroh bersama anak-anak sehingga terasa lebih praktis.

Pemilihan Waktu

Cara merencanakan ibadah umroh dengan anak-anak berikutnya yakni berkaitan dengan pemilihan waktunya. Pastikan memilih waktu yang tepat supaya anak-anak juga merasa nyaman ketika menunaikan ibadah umroh.

Untuk pilihan waktunya sendiri, sebaiknya hindari waktu wilayah Mekah memasuki musim panas karena anak-anak bisa tidak betah.

Lalu untuk bulan Oktober sampai dengan Desember atau umroh akhir tahun memasuki musim dingin. Kendati demikian, periode ini relatif lebih aman dan nyaman untuk anak-anak selama beradaptasi di tanah suci Mekah.

Anak-anak pastinya tidak akan rewel ataupun sakit karena kepanasan. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih waktunya.

Siapkan Cadangan Makanan dan Mainan

Supaya anak-anak tidak rewel, alangkah baiknya jika membawa cadangan makanan maupun mainan dari tanah air. Cara ini semakin recommended apabila anak-anak memiliki alergi makanan tertentu.

Dengan membawa cadangan makanan dan mainan kesukaan sang anak, tentu bisa lebih antusias dalam menjalankan ibadah umroh. Anak-anak tidak akan mengajak pulang ke rumah karena menginginkan mainan ataupun makanan kesukaannya.

Penyiapan Dokumen

Dalam cara merencanakan ibadah umroh dengan anak-anak, jangan lupa pula untuk menyiapkan dokumen. Dokumen ini juga mencakup paspor anak sampai dengan surat keterangan kesehatan.

Dokumen-dokumen tersebut jangan sampai lupa untuk dibawa. Agar tidak ketinggalan, alangkah baiknya jika menyimpannya dalam satu tempat saja.

Pengenalan Lingkungan

Sebelum mengajak anak-anak pergi ibadah umroh, alangkah baiknya jika memberikan pemahaman tentang pengenalan lingkungan di Mekah dan Madinah terlebih dahulu. Dengan adanya pengenalan lingkungan ini, maka anak-anak tak akan kaget, takut, atau merasa tidak nyaman ketika berada di sana.

Baca juga:   Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Umroh Bagi Keluarga dan Sahabat

Anak Boleh Umroh Umur Berapa?

Berkaitan dengan usia anak yang boleh orang tua ajak untuk ibadah umroh, sebenarnya tak ada aturan khusus. Dalam artian, anak dengan usia berapapun itu bisa menjalankan ibadah umroh.

Hanya saja, pemerintah dan ulama merekomendasikan untuk memberlakukan usia minimal 5 tahun. Dengan begitu, orang tua bisa mengajak anak beribadah umroh ketika usianya sudah di atas 5 tahun.

Apakah Anak Kecil Kena Biaya Umroh?

Dalam cara merencanakan ibadah umroh dengan anak-anak, tentu memikirkan soal biayanya. Hal ini juga berlaku ketika mengajak anak-anak untuk menunaikan ibadah umroh tersebut.

Biasanya biaya umroh untuk anak kecil berbeda dengan orang dewasa. Kisaran biayanya pun tergantung dari usia sang anak.

Untuk anak yang usianya masih di bawah 1 tahun hingga 2 tahun, biasanya akan mendapatkan potongan biaya umroh. Berbeda untuk anak yang usianya 2 tahun ke atas, biasanya tak memperoleh potongan biaya umroh.

Perlengkapan Umroh Anak

Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu memperhatikan perlengkapan ketika ingin menunaikan ibadah umroh, namun juga anak-anak. Hal ini karena perlengkapan umroh anak tak kalah penting.

Adapun perlengkapan umroh untuk anak yang perlu orang dewasa siapkan seperti halnya pakaian ihram, pakaian sehari-hari, pakaian tidur, pakaian dalam, obat-obatan pribadi, mainan, makanan, dan alat mandi.

Apabila membutuhkan, juga bisa membawa kacamata, masker, dan stroller. Untuk menunjang kenyamanan sang buah hati, jangan lupa pula membawa kaos kaki, sepatu, jaket, dan sandal.

Syarat Anak Kecil Umroh

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa usia menjadi salah satu syarat ketika ingin mengajak anak kecil untuk umroh. Tak kalah penting untuk diketahui pula bahwa syaratnya tak hanya itu saja.

Baca juga:   7 Panduan Memilih Paket Umroh Keluarga Termurah

Adapun syarat lainnya ialah memiliki kondisi kesehatan yang memadai. Dalam hal ini, anak-anak tersebut terbukti sehat, baik itu fisik maupun mentalnya.

Selain itu, anak tersebut juga tidak terinfeksi ataupun berinteraksi dengan pasien yang terjangkit virus menular. Selama menjalankan ibadah umroh pun, anak tersebut harus mendapatkan pengawalan dari orang tua atau orang dewasa yang mengajaknya.

Manfaat Umroh Bersama Anak-Anak

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila umroh dengan mengajak anak-anak. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengenalkan salah satu bentuk ibadah di dalam ajaran agama Islam kepada anak kecil.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar untuk menunaikan ibadah umroh. Hal ini bisa membantunya ketika ingin haji ataupun umroh saat dewasa nanti.

Melihat betapa pentingnya umroh bersama anak-anak, maka tak perlu ragu untuk menjalankannya. Agar umroh berjalan lancar, pilihlah paket umroh yang tersedia di Alhabsyi Travel.

Bisa pilih berbagai paket umroh Promo Millenial, Super Millenial, Special Millenial, Special Maulid Nabi, atau Super Special *5. Tiap paket umroh di Alhabsyi Travel menawarkan fasilitas hotel, maskapai penerbangan, hingga harga yang bervariasi.

Dalam memilih paket yang tersedia pun, tak perlu lagi memikirkan biaya tiket pesawat, visa umroh, konsumsi, asuransi perjalanan, akomodasi, tour leader, dan lain sebagainya. Hal ini karena biayanya sudah termasuk ke dalam harga paket.

Hanya saja, untuk biaya pembuatan paspor, kelebihan bagasi, pengurusan surat mahram, pengiriman perlengkapan, tour di luar program karena permintaan sendiri, maupun pengeluaran pribadi tidak jadi tanggungan dalam harga paket.

Tunggu apa lagi, segera hubungi kami untuk melancarkan kegiatan ibadah umroh dengan anak-anak. Paket umroh di travel umroh Alhabsyi bisa membantu siapa saja untuk merencanakan kegiatan ibadah umroh dengan anak-anak sekaligus mendukung berbagai cara di atas.

long banner paket umroh 20 jutaan alhabsyi travel