logo alhabsyi travel

Ucapan dan Buah Tangan Berkunjung ke Orang Pulang Umroh

Ucapan & Buah Tangan Berkunjung ke Orang Pulang Umroh

Tradisi berkunjung ke orang pulang umroh hingga sekarang ini masih berjalan di masyarakat. Mengunjungi orang yang baru pulang dari ibadah umroh adalah wujud dari sikap menjalin silaturahim.

Di samping itu, tujuan lainnya adalah untuk menggapai berkah serta meminta doa agar mendapat ampunan dari dosa dan bisa menyusul menunaikan ibadah umroh. Dengan suka cita, jemaah umroh akan menyambut tamu-tamunya.

long banner paket umroh murah 2024 alhabsyi travel 1

Mereka akan menceritakan pengalamannya selama berada dan menjalankan ibadah di tanah suci. Di kesempatan open house-nya itu, jemaah umroh juga akan membagikan oleh-oleh, seperti kurma, tasbih, air zam-zam, dan lainnya.

Contoh Ucapan dan Buah Tangan saat Berkunjung ke Orang Pulang Umroh

Kebiasaan menyambangi orang pulang umroh umumnya berjalan selama 40 hari semenjak kepulangan dari Makkah. Di momen penuh berkah dan kebahagiaan tersebut, sebagai tamu kerap kita ingin menyampaikan kata-kata yang menyentuh.

Ucapan ini bukan hanya untuk menyemangati jemaah umroh supaya bisa melewati perjalanan selanjutnya. Namun, kata-kata yang kita lontarkan juga bisa sebagai ekspresi turut bahagia lantaran keberhasilan mereka menunaikan ibadah.

Tidak jarang juga ucapan tersebut adalah doa dan harapan baik untuk mereka di masa depan. Melalui rangkaian kata yang mengandung sisi spiritual dalam kalimat, Anda bisa menyambut kembalinya mereka dengan hangat.

Apa Ucapan Buat Orang Pulang Umroh?

Berikut ini adalah contoh ucapan yang bisa Anda sampaikan ketika menyambangi orang yang baru pulang dari Tanah Suci.

  • Alhamdulillah, semoga tiap langkah dan ibadahmu di Tanah Suci menjadi teman dalam perjalanan hidup kedepannya serta menjadi lebih baik.
  • Selamat kembali ke Tanah Air! Semoga senantiasa berkah dan bahagia kehidupanmu seterusnya.
  • Selamat kembali dari Tanah Suci! Pengalaman spiritualmu kemarin tak ternilai harganya, semoga memberi kedamaian dan berkah dalam hidup.
  • Pulang dengan hati suci, pikiran jernih, dan jiwa lapang. Selamat kembali!
  • Tiap doa yang kau langitkan di Tanah Suci, semoga ada kebaikan yang menanti. Selamat, sudah kembali dari umroh!
  • Di antara riuh berisiknya dunia, kau sudah temukan tenang dan damai di jiwa. Selamat pulang dari Tanah Suci!
Baca juga:   Raudhah Madinah. Taman Surga di Masjid Nabawi yang Mustajab

Berkunjung ke orang pulang umroh juga bisa Anda sambut dengan kata-kata mendamaikan berikut ini.

  • Perjalanan spiritual telah menjadi titik balik di hidupmu. Semoga langkahmu dibersamai berkah dan kedamaian.
  • Pulang dengan jiwa tenang dan hati yang suci, selamat kembali, wahai saudaraku!
  • Seperti terlahir kembali, doa dan ibadahmu di Tanah Suci adalah pelajaran hidup sejati. Selamat kembali!
  • Alhamdulilah sudah pulang dari umroh. Semoga ada berkah dan kebahagiaan yang melimpah di kehidupanmu setelah ini.
  • Selamat kembali, sahabat. Langkahmu sekarang, esok, dan selanjutnya adalah puing-puing berkah yang membentuk kehidupan lebih indah.

Seperti yang kita tahu, umroh merupakan perjalanan spiritual yang tidak semua orang bisa menunaikannya. Tentunya, bisa menyambangi mereka setelah pulang adalah momen yang baik untuk turut merasakan keberkahannya.

Dengan sikap baik, memberikan dukungan penuh, perhatian, dan kehangatan adalah upaya kita untuk menggapai berkah dan bahagia tersebut. Akan lebih baik lagi jika kita membawa buah tangan untuk mereka.

Apa Buah Tangan yang Baik untuk Menjenguk Orang Pulang Umroh?

Selain ucapan, hadiah adalah salah satu alternatif bentuk kegembiraan saat berkunjung ke orang pulang umroh. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa Anda bawa saat menyambangi mereka.

Jika Anda masih bingung apa buah tangan yang baik untuk menjenguk orang pulang umroh, beberapa inspirasi hadiah di bawah ini bisa membantu.

  1. Buku Islami

Bawalah buah tangan berupa buku untuk menghadiahi mereka yang baru tiba dari Tanah Suci. Sebut saja seperti Al Quran, kumpulan hadis, buku kisah nabi, atau buku bertemakan Islam untuk menambah wawasan.

  1. Peralatan Sholat

Mukena, sarung, dan sajadah adalah buah tangan yang pas, lantaran bermanfaat dan mendukung ibadah mereka sehari-hari.

  1. Hampers Makanan
Baca juga:   Rute Perjalanan Umroh Lengkap dan Terperinci untuk Pemula

Hadiah yang Islam anjurkan ini bukan hanya bergizi, namun juga mudah Anda temukan. Sebut saja buah-buahan, madu, kurma, atau segala bentuk kue.

  1. Hiasan Dinding Kaligrafi dan Tasbih

Berkunjung ke orang pulang umroh juga bisa Anda bawakan hadiah berupa kaligrafi. Hiasan dinding ini punya sisi spiritual tersendiri.

Di sisi lain, tasbih juga bisa jadi opsi buat tangan lainnya. Hal ini karena tasbih adalah media untuk berdzikir dan mengingat Allah SWT usai pulangnya dari Makkah.

  1. Frame atau Album Foto

Suatu hal yang wajar jika mereka mengabadikan momen di Tanah Suci. Maka, dengan memberikan hadiah album foto dan frame ini, Anda turut menyuarakan kegembiraan atas keberhasilan ibadah mereka.

Hukum Mengunjungi Orang Pulang Umroh

Kebiasaan mengadakan open house bagi orang yang baru pulang dari umroh mungkin sudah berjalan sejak dulu. Selain berharap kecipratan berkah, para tamu juga ingin mendengarkan cerita para jemaah umroh tentang Tanah Suci.

Akan tetapi, bagaimana Islam memandang tradisi berkunjung ke orang pulang umroh?

Sebuah hadis riwayat Abu Hurairah disampaikan oleh Iman Nurudun al-Haitsami, guru dari Imam Ibn Hajar Al-‘Asqalani, melalui kitabnya Majma’ al-Zawaid, yang berbunyi:

وعن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “يغفر الله للحاج ولمن استغفر له الحاج”.

“Diceritakan oleh Abi Hurairah bahwa Nabi bersabda: Allah mengampuni dosa orang yang haji dan orang yang ia mintakan ampunan”.

Keterangan yang sama dijumpai pada hadis riwayat Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnad-nya, kemudian diikuti oleh Imam Al-Suyuti di dalam al-Jami’ al-Shagii, berupa:

قال صلى الله عليه وسلم إذا لقيت الحاج فسلم عليه وصافحه ومره أن يستغفر لك قبل أن يدخل بيته فإنه مغفور له

“Nabi bersabda: Jika kau bertemu orang yang baru pulang haji, ucapkanlah salam, jabatlah tangannya dan mintalah dia mendoakanmu agar diampuni dosamu sebelum dia masuk rumah. Sungguh dia telah diampuni dosanya.”

Baca juga:   Tempat Mustajab Berdoa di Madinah untuk Jamaah Haji & Umrah

Al-Ghazali memberikan komentar dalam Ihya Ulumuddin, dengan mengutip sebuah hadis:

الحجاج والعمار وفد الله عز وجل وزواره إن سألوه أعطاهم وإن استغفروه غفر لهم وإن دعوا استجيب لهم وإن شفعوا شفعوا

“Orang-orang yang haji dan umroh, mereka semua adalah orang yang menghadap kehadirat Allah, jika mereka meminta kepada-Nya maka Dia akan memberi apa yang mereka minta, jika mereka meminta ampunan kepada-Nya maka Dia akan mengampuni mereka, jika mereka berdoa kepada-Nya maka Dia akan mengabulkannya, jika mereka mensyafa’ati orang lain, maka Dia akan menerima syafa’at mereka.”

Dari keterangan di atas, maka hukum mengunjungi orang pulang umroh mempunyai dasar syariat. Berkunjung ke orang pulang umroh bertujuan untuk meminta doa kepada mereka.

Fadhilah Menyambangi Orang yang Pulang dari Tanah Suci

Tradisi bertamu ke orang pulang umroh tidak terlepas dari keutamaan di baliknya. Fadhilahnya adalah mendapat ampunan dari Allah melalui doa dari para jemaah umroh.

Sebagai umat muslim, kita harus untuk berprasangka baik kepada orang yang baru menunaikan ibadah di Tanah Suci bahwa mereka jauh dari dari dosa. Itulah mengapa, kita dianjurkan untuk meminta doa kepada mereka.

Di sisi lain, saat bertamu, baiknya tampakkan kegembiraan menyambut kembali kepulangan mereka. Dengan begitu, kita bisa mencari perantara supaya dosa diampuni dengan doa-doa yang mereka panjatkan.

Ibadah umroh adalah ibadah yang membutuhkan biaya tidak murah. Itulah mengapa, perlu agen yang tepat supaya bisa menunaikan umroh dengan aman, nyaman, dan khusyu’.

Alhabsi Travel adalah salah satu agen umroh yang siap melayani kebutuhan Anda menuju Baitullah untuk serangkaian ibadah. Alhabsyi Travel menyediakan berbagai paket umroh menarik seperti Promo Millenial, Super Millenial, Special Millenial, Super Maulid Nabi, dan Super Special *5.

Bersama Alhabsyi Travel, Anda bisa melaksanakan umroh dengan harga mulai Rp 20 jutaan saja. Menariknya, akan ada fasilitas istimewa dengan proses registrasi yang anti ribet.

Tunggu apalagi, tunaikan ibadah ke Baitullah Anda bersama Alhabsyi Travel sekarang juga. Klik disini untuk tahu paket, harga, dan jadwal keberangkatannya. Setelah mempelajari sikap dan hukum berkunjung ke orang pulang umroh, siapa tahu, Anda adalah orang terpilih selanjutnya untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci.

long banner paket umroh 20 jutaan alhabsyi travel