logo alhabsyi travel

9 Manfaat Umroh di Usia Muda, Ini Keuntungannya

9 Manfaat Umroh di Usia Muda. Ini Keuntungannya

Manfaat umroh di usia muda sebenarnya sangatlah beragam bahkan bisa sangat penting untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Umroh sendiri merupakan salah satu ibadah di tanah suci yang pastinya didambakan oleh banyak orang muslim selain haji. Ibadah ini bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, berbeda dengan haji.

Semua umat muslim di dunia ini pastinya juga ingin melakukan ibadah umroh di tanah suci. Apalagi jika mengingat keistimewaan dan keutamaan dari ibadah sunnah ini memang sangat luar biasa. Karena itu pula tidak jarang jika masyarakat bahkan melakukan ibadah umroh lebih dari satu kali karena memang mampu dan ingin.

long banner paket umroh murah 2024 alhabsyi travel 1

Ibadah umroh mungkin seringkali terlihat hanya dilakukan oleh orang yang sudah berusia cukup tua saja. Padahal sebenarnya ibadah ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu orang tua, anak muda, remaja, bahkan anak-anak sekalipun. Kini pun sudah ada banyak sekali anak muda yang tertarik untuk menjalani ibadah umroh.

Apa Keistimewaan Umroh atau Manfaat Umroh di Usia Muda?

Ibadah umroh diawali dengan ihram atau niat, tawaf sebanyak 7 kali, sa’i antara bukit Shafa ke Marwah, lalu terakhir mencukur rambut. Setiap jamaah umroh wajib melakukan hal di atas secara berurutan agar ibadahnya sah. Sebab jika rukun umroh tersebut tidak dilakukan berurutan bahkan terlewati maka umroh bisa tidak sah.

Keistimewaan umroh sendiri sangat beragam dan tidak kalah dengan keistimewaan haji. Contoh keistimewaan umroh yaitu bisa menghapus dosa, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mendapat ketenangan hati, doanya bisa terkabulkan, meningkatkan kualitas iman dan taqwa, mendapat ganjaran masuk surga, dan sebagainya.

Baca juga:   3 Keutamaan Umroh di Bulan Syawal yang Jarang Diketahui Jamaah

Seseorang yang menjalankan ibadah umroh ketika masih berusia muda sendiri tidak menjadi masalah. Bahkan umroh saat masih muda malah memiliki banyak manfaat atau kelebihan tersendiri. Karena itu tidak heran jika kini semakin banyak anak muda yang ikut menjalankan ibadah umroh bersama keluarga atau orang tuanya.

Lantas apa saja kelebihan dan manfaat umroh di usia muda? Berikut akan kita bahas bersama:

Ibadah Bisa Lebih Lancar Karena Tubuh Masih Kuat dan Sehat

Manfaat pertama yaitu bisa membuat ibadah umroh menjadi lebih lancar berkat kondisi tubuh yang masih kuat dan sehat. Anak muda biasanya memang memiliki tubuh yang sehat dan staminanya kuat. Dalam menjalankan ibadah umroh yang memiliki banyak kegiatan ini pun tentunya juga membutuhkan kedua hal tersebut.

Dengan tubuh sehat dan stamina kuat berbagai rangkaian kegiatan umroh & haji bisa dilakukan lebih lancar. Mulai dari kegiatan mengelilingi Ka’bah hingga berdesakan agar bisa menyentuhnya. Kemudian berlari kecil dari bukit Shafa ke Marwah hingga kegiatan lain seperti beribadah di Masjidil Haram maupun saat mengunjungi tempat lainnya.

Manfaat umroh di usia muda tentu bisa melakukan semua kegiatan dengan lebih mudah dan lancar. Berbeda jika usia sudah cukup tua sehingga kekuatan dan stamina tubuh mulai menurun. Apalagi jika tubuh juga memiliki gangguan kesehatan lainnya. Kondisi tersebut tentu bisa membuat tubuh lebih mudah lelah saat beraktivitas.

Bisa Membantu Menentukan Jalan Hidup

Di usia muda, seringkali orang-orang merasa bingung atau tidak bisa menentukan jalan hidup mereka kedepannya. Hal tersebut seringkali menjadi masalah yang sangat mengganggu bahkan bisa membuat banyak anak muda merasa stress memikirkannya. Nah, masalah tersebut bisa terselesaikan dengan melakukan ibadah umroh.

Manfaat umroh di usia muda menjadikan para jamaah yang masih mudah bisa berserah diri kepada Allah SWT sepenuhnya dan terus berdoa dengan sungguh-sungguh untuk meminta petunjuk mengenai jalan hidup yang sebaiknya diambil. Allah pasti akan selalu memberikan jalan keluar terbaik untuk hambanya yang bertaqwa dan berdoa kepada-nya.

Baca juga:   Rahasia Umroh: Manfaat Kesehatan & Kejiwaan Melakukan Umroh

Memiliki Tenaga Lebih untuk Membantu Orang Lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak sekali jamaah umroh & haji yang sudah berusia tua. Mereka tentu memiliki fisik dan stamina yang lebih lemah. Bahkan terkadang mereka juga mengalami masalah sehingga perlu sedikit bantuan. Nah, sebagai jamaah muda dan penuh energi tentunya bisa segera menolong jamaah tersebut.

Selain menjadi manfaat umroh di usia muda, memberi pertolongan pada jamaah lain tentunya juga bisa memberikan tambahan pahala yang besar. Apalagi jika membantunya dengan tulus dan ikhlas tanpa mengharap imbalan apa pun. Bisa memberikan bantuan pada jamaah lain tentu bisa memberikan rasa bangga dan kepuasan tersendiri.

Meningkatkan Pengalaman Petualangan

Jamaah yang berusia muda tentunya mampu meningkatkan pengalaman petualangan baru yang lebih seru selama berada di Tanah Suci setelah selesai melaksanakan rangkaian umroh. Jamaah bisa mengunjungi atau menjelajahi banyak tempat lainnya yang sangat menarik. Bisa juga mencicipi aneka kuliner lokal dan belanja berbagai oleh-oleh.

Kegiatan jalan-jalan ini tentunya akan lebih nyaman bagi jemaah yang masih muda, sehat, dan kuat. Sedangkan jamaah yang sudah berusia tua tentunya akan kurang nyaman bahkan kesehatannya bisa terganggu jika terus jalan-jalan. Sehingga kegiatan jalan-jalan akan menjadi lebih terbatas dan tidak bisa eksplor berbagai tempat sepuasnya.

Menguatkan Identitasnya Sebagai Seorang Muslim

Manfaat umroh di usia muda selanjutnya yaitu menguatkan identitas sebagai muslim. Golongan anak muda yang sibuk bekerja dan mengejar duniawi tidak jarang mengalami krisis identitas sebagai seorang muslim. Karena itu beberapa dari mereka bahkan sering meninggalkan berbagai kewajiban seperti sholat, puasa dan lainnya.

Dengan menjalankan umroh pada usia muda memungkinkan untuk mendapatkan pengalaman yang mendalam serta semakin mengakrabkan diri dengan agama Islam. Niat umroh yang ikhlas dan menjalankannya sepenuh hati maka memungkinkan pelakunya bisa menerima identitasnya sebagai muslim dan semua kewajibannya.

Baca juga:   Umroh Dulu Atau Haji Dulu? Mana yang Lebih Utama?

Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah mulai dari sholat, membaca Al-Quran, dzikir, dan sebagainya. Manfaat umroh di usia muda tentunya juga bisa membantu mendekatkan diri sendiri kepada Allah dan memperkuat hubungan dengan-Nya. Dengan begitu maka diri kita bisa mendapatkan ketenangan, kebahagiaan, dan keberkahan hidup.

Bisa Berdoa untuk Masa Depan yang Cerah

Usia muda tentu memiliki perjalanan hidup yang masih panjang hingga menua meskipun sebenarnya kematian bisa datang kapan saja. Karena perjalanan hidup yang masih panjang tentu banyak sekali orang berdoa agar bisa mendapatkan hal-hal yang baik untuknya sendiri maupun untuk keluarganya di masa depan nanti.

Apa keistimewaan umroh selanjutnya? Keuntungan umroh di usia muda bisa menjadi saat paling tepat untuk memohon masa depan yang cerah. Misalnya berdoa untuk mendapat karir yang bagus, keluarga yang bahagia, rezeki lancar, kesehatan terjaga, dan sebagainya. Allah pasti akan mengabulkan doa hambanya yang bersungguh-sungguh.

Kesempatan untuk Bertobat

Untuk bertobat dan kembali ke jalan yang benar memang tidak ada kata terlambat. Namun semakin cepat tentunya akan semakin baik. Nah, ketika umroh di usia muda maka jamaah bisa merenung, menyadari dosa-dosa, hingga bertobat dan bertekad untuk tidak mengulangi dosa itu lagi. Hal tersebut tentu bisa membawa perubahan positif dalam hidup.

Menanamkan Nilai-Nilai Ketaqwaan Sejak Dini

Umroh adalah salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai ketaqwaan sejak dini. Melalui pengalaman umroh, seorang Muslim muda dapat belajar mengenai kedisiplinan, kesabaran, keikhlasan, dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dan ujian. Semua nilai-nilai tersebut merupakan pondasi yang kuat bagi pembentukan karakter yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Paket Umroh Yang Cocok Untuk Anak Muda

Berbagai manfaat umroh di usia muda tersebut tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Nah, jika tertarik untuk umroh maka bisa mempertimbangkan Alhabsyi Travel sebagai teman perjalanan kamu. Kami menawarkan berbagai paket umroh dengan harga murah. Dalam paket tersebut juga sudah tersedia berbagai fasilitas terbaik untuk jamaah sehingga bisa menjalankan ibadah dengan mudah dan maksimal. Hubungi tim kami untuk info lebih lanjut.

long banner paket umroh 20 jutaan alhabsyi travel